Program Sosial Berbasis Lingkungan Di Cilacap Oleh PT Pertamina

cilacap

PT Pertamina (Persero) pada tanggal 10 Desember 2016 kemarin telah menyelenggarakan program sosial yang berbasis pada lingkungan yakni Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan. Program ini dilaksanakan dan ditujukan untuk 5 kota tempat Pertamina beroperasi yaitu pada Cilacap, Balongan, Banyuwangi, Balikpapan dan Tanjung Uban. Di Cilacap sendiri lokasi yang ditujua dalah sekitar pantai Teluk Penyu, kegiatan ini juga diikuti oleh 1000 orang yang turut berperan serta dalam kegiatan sosial ini. Tidak hanya diikuti oleh 1000 warga yang terlibat, namun juga diikuti oleh menteri BUMN yaitu Rini Soemarno yang didampingi oleh direktur utama PT Pertamina (Persero) yaitu Dwi Sutjipto. Jajaran perusahaan BUMN lainnya juga turut serta mengikuti kegiatan pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan ini yang terdiri dari PT. Inti, Pelindo, Pusri, BRI, BNI dan Telkom. Kegiatan pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Pertamina Ke-59 yang jatuh tepat pada 10 Desember kemarin.

Terdapat total 4000 orang yang tergabung dalam aksi ini yang tersebar di beberapa titik salah satunya di Cilacap ini. Kegiatan ini menjadi pembuktian BUMN dalam membuktikan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar pesisir pantai dengan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Dwi Sutjipto selaku direktur utama PT Pertamina mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan selain kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, juga akan disalurkan bantuan berupa CSR dan PKBL untuk masyarakat sekitar. Bantuan tersebut meliputi Pembangunan infrastruktur, perbaikan mushola, perbaikan gedung, penyerahan bibit mangrove, beasiswa untuk anak nelayan, sarana tangkap ikan, sarana pembersihan serta pengelolaan sampah, pengolahan rumput laut dan masih banyak lagi bantuan yang disalurkan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar pantai. Menurut mentri BUMN Rini Soemarno langkah kecil yang dilakukan oleh BUMN ini merupakan sebuah sinergi yang sejajar dengan semangat besar presiden RI dalam menciptkana poros maritim Indonesia.

Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan dan menumbuhkan pertumbuhan perekonomian masyarakat pesisir salah satunya di Cilacap ini. Kegiatan ini diharapkan benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menumbuhkan perekonomian masyarakatnya disekitar pesisir pantai yang ditujukan. Menteri BUMN telah memberikan apresiasinya atas kepedulian BUMN dalam melaksanakan program sosial berbasis lingkungan yaitu pemberdayaan dan pembersihan pantai kampung nelayan. Selain itu program tersebut mampu memberikan edukasi bagi masyarakat sekitar agar tercipta kesadaran bagi mereka untuk lebih menjaga kebersihan disekitar pantai. Hal ini memang sudah menjadi tugas BUMN untuk melakukan kegiatan semacam ini karena memang dalam keseharian BUMN khususnya pertamina setiap harinya bersinggungan dengan masyarakat. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai macam lomba serta bazar bazar menarik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *